Perbedaan Makalah dan Jurnal

contoh makalah yakni karya tulis ilmiah yang membicarakan suatu topik atau tema tertentu, ditulis secara sistematis dan diteliti dengan logis. Makalah dapat ditulis menurut kajian buku maupun hasil riset lapangan. Pada lazimnya makalah ditulis oleh mahasiswa untuk mengisi tugas dan menuntaskan mata kuliah. Namun makalah juga dapat ditulis oleh responden lain laksana pejabat pemerintahan, rektor atau juga dosen dan dibicarakan pada seminar-seminar. Ini disebut dengan makalah kerja.

Sedangkan Jurnal yakni karya tulis yang diterbitkan secara rutin yang berisikan materi berhubungan dengan tema-tema tertentu. Sebenarnya materi-materi yang ditulis di dalam jurnal paling luas, tetapi harus disajikan secara padat dan jelas. Jurnal mesti dilengkapi dengan abstrak, pendahuluan, cara penelitian, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan.

Untuk itu, pada tulisan kali ini akan pengarang uraikan tentang perbedaan antara makalah dan jurnal secara lengkap. Lalu apa perbedaan makalah dan jurnal? Makalah dan jurnal memiliki tidak sedikit perbedaan, baik dari sisi penulisan maupun materi-materi yang disajikan. Berikut ini pengarang uraikan sejumlah perbedaan makalah dan junal:

1. Dari Segi Penulisan

Makalah ditulis dengan memakai bab, bab 1 sampai bab 3. Sedangkan jurnal tidak memakai bab. Makalah tidak dilengkapi dengan abstrak dan cara penelitian, sementara jurnal mesti memakai abstrak dan cara penelitian.

2. Dari Segi Materi

Makalah dapat dikutip dari buku-buku atau sumber tertentu. Sedangkan jurnal di samping dari buku, juga didapatkan dari data-data hasil observasi atau hasil riset terbaru.

3. Dari Segi Publikasi

Makalah tidak mesti diterbitkan, andai pun diterbitkan melulu terbatas pada kalangan tertentu saja, sementara jurnal mesti diterbitkan secara rutin dan dapat diakses oleh seluruh orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.