Pengertian dan Manfaat Software Akuntansi

  • Share


Aplikasi komputer atau yang lebih dikenal dengan perangkat empuk (software) memiliki sekian banyak macam bentuk. Ada yang dipakai untuk mengedit potret seperti photoshop dan lainnya. Software akuntansi sendiri ialah perangkat empuk yang dipakai untuk memudahan pendaftaran dan kegiatan lain dari akuntansi. Namun, masih tidak sedikit yang belum paham tentang Pengertian dan Manfaat Software Akuntansi untuk perusahaan. Berikut ini kami mengupayakan untuk merangkumnya.
Software akuntansi ini memanfaatkan konsep modularitas dimana serangkaian akitvitas yang serupa diolah kedalam modul-modul yang spesifik. Seperti contohnya pembelian (account payable), penjualan (account receivable), penggajian, kitab besar dan lainnya.
Perusahaan besar seringkali mempunyai bagian sendiri guna mengembangkan software akuntansi ini. Namun sering perusahaan ataupun UKM yang memakai pihak ketiga guna mendapatkan aplikasi akuntansi. Pihak ketiga ini meluangkan software yang akan dipakai sering kali pun perusahaan itu bekerja sama dengan pihak ketiga tadi. Berbicara jenisnya sendiri, aplikasi akuntansi sendiri bisa terdiri dari aplikasi akuntansi paketan, custom ataupun sampai menjadi aplikasi ERP.
Karena perbedaan lingkup pemakaian software ini laksana perusahaan sampai UKM maka kompleksitas dan kapabilitas software ini juga bermacam-macam tergantung lingkungan perusahaan atau UKM yang bakal menggunakan.
Namun dari keberagaman nya tersebut, software akuntansi ini selalu meluangkan fitur-fitur standar yang tidak jarang kali ada dalam setiap software entah itu produksi dalam negeri ataupun luar negeri laksana misalnya:
o Multi user
o Multi Company
o Multi language
o Database
o Multi cabang
o Multi Currency
o Multi Delivery Point
o Import dan Export Data Excel
o Modul AR, AP, GL, Stock, Payroll dan lain-lain.
Tujuan dan guna paling besar dari aplikasi akuntansi ini ialah membantu akuntan guna menghasilkan laporan akuntansi finansial seperti Neraca (Balance Sheet), Rugi Laba (Profit Lost Statement), Cash Flow dan Laporan Akhir Keuangan.
Laporan tersebut didapatkan dari langkah mula seperti merangkai perkiraan atau account atau ledger atau kitab besar. Setiap ledger ini kode dan nama tertentu yang biasa dipakai serta mempunyai pos-pos yang jelas dalam posisi laporan finansial seperti contohnya pos ledger guna Neraca, rugi laba, ongkos pabrikasi dan manufaktur (pabrik).
Nah andai kita memakai software akuntansi hal-hal yang diatas tadi dapat dilaksanakan dengan paling cepat sampai-sampai menghemat waktu. Bayangkan contohnya untuk laporan finansial sebuah perusahaan besar dilaksanakan secara manual yang rentan kekeliruan dan pun lama pasti akan paling kerepotan.
Selain tersebut dengan aplikasi akuntansi ini saya dan anda bisa menjurnal segala kegiatan akuntasi laksana transaksi penjualan, pembelian, buatan barang dan lainnya secara otomatis. Sehingga bisa terintegrasi dengan sekian banyak macam laporan beda yang menyokong dalam kegiatan perusahaan. Jadi intinya ialah software akuntansi sangat menolong kita dalam menciptakan manajemen finansial yang efektif.
Salah satu aplikasi akuntansi Indonesia yang mempunyai module yang menyeluruh dan dapat dipakai untuk sekian banyak jenis perusahaan ialah EASY Accounting.

 

 

 

 

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *