Memahami Mendoan Santapan Khas Banyumas

  • Share

Mendoan ialah santapan khas dari Banyumas atau Purwokerto. Rasanya semacam terdapat yang kurang bila kita mendatangi kota Banyumas tanpa mencicipi mendoan yang hangat. Mendoan ialah santapan berbahan bawah tempe yang dilumuri aci serta bahan setelah itu digoreng dengan minyak panas yang tidak sangat lama dengan teksturnya yang separuh matang.

Oleh sebab itu, kehebohan yang awal dialami dikala dikonsumsi sedang terasa lembut ataupun separuh matang. Dari namanya” mendoan” dikutip dari Wikipedia. com merupakan santapan tipe gorengan yang berawal dari Banyumas, Jawa Tengah. Tutur” mendoan” berawal dari Bahasa Banyumasan, ialah dari tutur” mendo” yang berarti lembut ataupun separuh matang.

Materi penting mendoan ialah kedelai yang telah difermentasi alhasil jadi tempe yang sedia buat dijadikan mendoan. Lebih lezat bila membuat tempe mendoan dengan tipe tempe spesial buat mendoan, yang wujudnya pipih. Seleksi yang bercorak putih jelas, bila telah kira- kira kehitaman umumnya tempe mendoan rasanya kira- kira getir.

Metode Membuat Tempe Mendoan

Mendoan dikala ini telah populer diberbagai kota di semua Indonesia. Tidak bingung bila banyak orang yang menggemari mendoan itu. Tidak bingung pula bila banyak orang yang mau ketahui gimana metode buatnya. Gimana metode membuat tempe mendoan? Selanjutnya ini triknya.

Materi Yang Dibutuhkan

Saat sebelum memasak tempe mendoan, tahap dini yang wajib Kamu jalani merupakan mempersiapkan materi dasarnya terlebih dulu. Berikut sebagian materi bawah yang butuh Kamu sediakan, antara lain:

  1. Tempe mendoan anom( 10 lembar)
  2. Aci terigu( 250 gram)
  3. Ketumbar( 1 sdt)
  4. Bawang putih( 3 siung)
  5. Kemiri( 2 biji)
  6. Kunyit( 1 ruas kecil)
  7. Garam secukupnya
  8. Bumbu rasa secukupnya
  9. Air( 300 ml)
  10. Daun bawang secukupnya
  11. Minyak goreng secukupnya

Langkah- langkah Membuat Tempe Mendoan

Sehabis seluruh materi Kamu sediakan, saat ini Kamu dapat langsung memasak tempe mendoan dengan langkah- langkah selaku selanjutnya:

  1. Haluskan seluruh bahan bawah memakai cobek
  2. Sediakan media besar( ember) buat mengombinasikan bahan yang telah lembut dengan aci terigu
  3. Setelah itu tambahkan air secukupnya
  4. Masukkan daun bawang yang telah dipotong
  5. Kemudian campur datar aci terigu, air, bahan lembut, serta daun bawang
  6. Sediakan kuali serta tuangkan minyak goreng secukupnya
  7. Bila minyak telah panas, masukkan tempe yang telah dilumuri tepung
  8. Janganlah kurang ingat buat membalik tempe supaya matangnya merata
  9. Bila dirasa telah matang setelah itu ambil kemudian tiriskan
  10. Tempe mendoan sedia buat disajikan

Penyajian Mendoan

Mendoan lebih nikmat bila dihidangkan kala sedang hangat dengan cabe rawit atau sambal kecap. Terlebih dengan kombinasi dampingi kopi atau teh hangat buat menemani durasi bebas kamu kala sendiri atau bersama keluarga. Mendoan pula dapat di peruntukan selaku lauk makan Kamu.

Dengan rasa yang lezat membuat santapan ini terhambur sampai di sebagian kota yang terdapat di Indonesia. Bagi anda yang sedang berada di seputaran jakarta tapi bingung ingin mecari nasi sumpeng, tidak usah khawatir anda bisa langsung kujungi web kami di rumahtumpengjakarta.com di jamin enak dan maknyus.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *