Kuliner khas Bandung yang Penuh Sejarah

  • Share
Tempe Mendoan, traditional fried tempeh, one of popular street food from Indonesia. Selected focus.

Indonesia tidak terlepes dengan kulliner-kulliner yang kaya akan rasa seperti nasi goreng, nasi tumpeng jakarta dan masih bnyak lainnya. Sedemikian itu perkata yang kerap kita dengar bila mengatakan kota Bandung. Kota Bunga memanglah memiliki energi tariknya sendiri. Dari mulai cuaca yang adem, masyarakat yang ramah hingga tempat destinasi darmawisata yang beraneka ragam. Jika kamu berencana buat bertamu serta melancong di kota Bandung.

Tidak komplit rasanya jika tidak berupaya kuliner khas yang penuh historis di Paris Van Java ini. Darmawisata kuliner di kota Bandung tidak takluk dengan kota- kota lain. Santapan serta minuman di bunda kota Jawa Barat ini mempunyai perasaan rasa yang khas serta asli yang cinta bila dilewatkan. Nah dari lama lagi, ini ia catatan santapan khas Bandung yang mempunyai angka historis sendiri.

1. Batagor

Batagor merupakan santapan khas Bandung yang populer. Santapan yang bermuatan pangsit ikan tenggiri serta ketahui isi ini mempunyai perasaan rasa yang istimewa. Bahan kacang serta kecap jadi sahabat asli batagor yang mengantarkannya jadi santapan yang populer di Indonesia.

2. Peyeum

Peyeum merupakan santapan konvensional Bandung. Peyeum diketahui pula selaku tape di wilayah lain. Tetapi peyeum mempunyai komposisi yang lebih basah. Buat menikmati jajanan ini kalian tidak harus menghasilkan duit banyak lo. Ekonomis meriah~

3. Ketahui Susu Lembang

Banyak yang tidak ketahui jika sesungguhnya Bandung merupakan kota penghasil ketahui. Salah satu ketahui yang legendaris dadalah ketahui susu Ceduk. Tiap orang yang bertamu ke kota Bunga telah sepatutnya bawa ketahui ini selaku bawaan.

4. Surabi

Surabi merupakan santapan konvensional khas Bandung yang dibuat dari aci terigu serta santan. Kue ini mempunyai perasaan rasa enak yang dipadukan dengan beraneka ragam toping yang mengundang hasrat.

5. Pisang Bolen

Pisang Bolen merupakan kue khas Bandung yang legendaris. Serupa semacam namanya kue ini berisikan pisang yangmemiliki rasa manis, guris serta enak. Yang membuat istimewa santapan ini merupakan resepnya yang senantiasa dipertahankan semenjak tahun 1970.

6. Cireng

Cireng merupakan santapan kas Bandung yang dibuat dari aci bubur sagu. Santapan ini amat gampang ditemui di jalanan kota Bandung. Bersamaan bertumbuhnya era Cireng saat ini mempunyai beraneka ragam versi rasa dari mulai bermuatan oncom hingga keju.

7. Seblak

Seblak merupakan santapan olahan yang hari ini lagi digandrungi anak belia. Santapan ini sedemikian itu historis sebab ditemui dengan cara tidak terencana dengan mencampurkan materi- materi santapan yang lazim dimasak dengan metode digoreng.

8. Karedok

Karedok merupakan santapan khas Bandung yang sesuai untuk kalian yang lagi berdiet. Karedok dibuat dari berbagai macam sayur- mayur yang diberi bahan kacang serta cabe cocok hasrat. Karedok hendak terus menjadi nikmat dikala ditaburi bawang goreng di atasnya.

9. Bandros

Jika wilayah lain memiliki kue pancong, hingga kota Bandung memiliki bandros. Santapan konvensional ini dibuat dari aci beras serta santan. Wujudnya mendekati pukis ataupun kue pancong tetapi memiliki perasaan rasa yang enak. Supaya rasanya bermacam- macam umumnya bandros dimakan dengan gula.

10. Colenak

Colenak diketahui pula dengan gelar tape bakar. Tetapi santapan konvensional ini telah diakui mutu keenakannya oleh bumi. Sayangnya hari ini bermukim sedikit orang yang berdagang colenak. Walaupun sedemikian itu kalian sedang dapat menciptakan santapan konvensional ini di tempat- tempat khusus di kota Bandung.

11. Cuanki

Cuanki merupakan santapan yang agak- agak mendekati dengan baso apes. Kelainannya cuanki ini terdiri dari benar, siomay, bakso, pangsit menggodok, pangsit goreng. Rasa cuanki pula amat khas dengan rasa enak serta kuah beningnya. Kalian dapat berupaya santapan ini di pedagang kisaran ataupun ditempat bernama Cuanki Serayu yang berdiri semenjak 1990.

12. Es Goyobod

Terakhir terdapat minuman yang menyehatkan serta menggoda. Yap minuman ini bernama es goyobod. Dengan menghasilkan duit 10 ribu rupiah kalian dapat menikmati minuman fresh yang bermuatan adukan gula aren, kuah santan, susu pekat manis, bahan es serta topping- topping lainnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *